Sunday, June 21, 2015

Bagaimana Lebar Jalan Di Perumahanmu?

Kali ini saya hanya ingin menulis, di waktu sela saya,

Sesuai judul di atas,.. seperti apakah kondisi lebar jalan di Perumahanmu?
Terlepas dari rumahmu itu besar atau kecil, kumuh atau elit. Tentunya faktor utama yang membuat nyaman rumah adalah akses menuju tempat itu sendiri, mudah atau susah. Jangan2 mau lewat aja harus klakson- klakson dulu atau bahkan sampai harus membangunin tetangga.
Nah seperti gambaran di atas ini apakah  anda menemuinya di lingkungan rumah anda , atau mungkin di depan rumah anda? jika mungkin kendaraan yang terparkir itu mobil sama motor aja , mungkin masih bisa lewat  tapi lain halnya dengan mobil versus mobil kira-kira gimana ya?


Sudahkah anda bayangkan? klo  anda dengan tetangga sama-sama punya mobil dan ga punya sisa lahan untuk parkir masuk kerumah, Ya kita maklum panjang terpendek mobil yang saya tahu sekitar 4.20m, nah padahal perumahan tipe sekarang dengan panjang kapling dari depan ke belakang hanya ± 12m, dan biasanya developer hanya menyediakan sisa tanah di depan ± 3m saja,.. kira2 pantat mobil pastinya tetep nongol keluar pagar.

Dari gambar di atas kondisi gambar atas itu dengan Row 6M dan Row 7M ( istilah dalam arcitektur perumahan). padahal klo di hitung untuk row yang 7m itu bukan berarti lebar jalan penuh 7m, melaikan 7m di kurangi lebar parit+bahu jalan 1m kiri kanan , jadi sisa jalan yang di aspal atau beton aktualnya hanya 5m saja. Kira-kira jika anda lewat pakai mobil terus simpangan tukang sayur ataumasih bisa ga dua-duanya jalan? 

Kasus diatas lebih Parah lagi dengan kondisi kebiasaan pemilik rumah yang suka membangun rumah dengan menghabiskan sisa tanah ( katanya biar klo di sekolahkan nilai aprisalnya tinggi),.. jadi pas buka jendela depan pas pula bawah jalan. Belom lagi pohon peneduh ( maklum batam ini Puaaanaass bro). Ada juga yang kaya tapi ga mau beli rumah lagi, jadi rumah dengan lebar hanya± 6m ( tipe 36) eh.. beli mobil 2 pula terus parkir di depan pula , yang satu tentunya di depan rumah tetangga, klo tetangga yang suka selvie sih lumayan bisa numpang beken,.. tapi apesnya klo pagi-pagi tu yang punya mobil lagi warming up ,.. kena asep sama depan selalu basah maklum suka nyuci mobil.



1 comment: